Pola Pikir Kurikulum 2013



Usai sudah pengumuman Lomba PTK Prestasi Nasional tadi siang. Sore ini tidak ada acara dan sendirian di kamar mewah Hotel Century Senayan Jakarta. Kekalahan tidak perlu disesali tapi memompa semangat saya untuk berbagi dengan teman-teman melalui ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan. Tulisan kali ini saya masih membahas kurikulum 2013 dengan spesifikasi pada penyempurnaan pola pikir pembelakuan kurikulum ini. Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir sebagai berikut:

  1. Penguatan pola pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari dan gaya belajarnya (learning style) untuk memiliki kompetensi yang sama.
  2. Penguatan pola pembelajaran interaktif (interaktif guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber/media lainnya);
  3. Penguatan pola pembelajaran secara jejaring (peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh melalui internet);
  4. Penguatan pembelajaran aktif-mencari (pembelajaran siswa aktifmencari semakin diperkuat dengan pendekatan pembelajaran saintifik);
  5. Penguatan pola belajar sendiri dan kelompok (berbasis tim);
  6. Penguatan pembelajaran berbasis multimedia;
  7. Penguatan pola pembelajaran berbasis klasikal-massal dengan tetap memperhatikan pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik;
  8. Penguatan pola pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines); dan
  9. Penguatan pola pembelajaran kritis.
Silahkan yang mau belajar Kurtilas terutama temen-temen yang mau UKG dan sekolah yang hendak menerapkan kurikulum ini di tahun ajaran baru
Previous
Next Post »

Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon