Komunitas Belajar ZoE Berbagi Praktik Baik melalui Webinar Pengembangan Kompetensi Literasi Guru

 


Semarang - SMK Negeri 10 Semarang berkomitmen untuk terus mengembangkan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan melalui berbagai program pengembangan diri PTK. Melalui Zona Edukasi (ZoE) yang merupakan komunitas belajar SMK Negeri 10 Semarang di Platform Merdeka Mengajar (PMM), telah melaksanakan Webinar yang bertajuk “Mengembangkan Kompetensi Literasi Berbasis Mata Pelajaran dalam Menulis Artikel Ilmiah”.

Webinar yang dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Februari 2024 jam 12.00 s.d. 14.15 tersebut diikuti oleh 97 Guru dari berbagai satuan pendidikan, tidak hanya dari Kota Semarang tetapi juga dari berbagai kota/kabupaten di Indonesia. Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala SMK Negeri 10 Semarang sangat mengapresiasi kegiatan webinar tersebut karena sesuai dengan komitmen bahwa SMK Negeri 10 Semarang akan terus menciptakan inovasi dan menebar manfaat.

“Melalui webinar ini diharapkan seluruh Peserta dapat terus meningkatkan kemampuan literasinya, sehingga mampu memberi dampak pada peningkatan kinerja Guru. Guru yang memiliki kemampuan berliterasi, akan terus menerus melakukan inovasi dalam proses pembelajaran”, demikian sekilas sambutan yang disampaikan oleh Bapak Ardan Sirodjuddin membuka Webinar. “Tidak hanya untuk pengembangan diri Guru sendiri, karya literasi yang salah satunya dalam bentuk artikel pun dapat meningkatkan ‘branding’ sekolah yang dapat dikenal oleh masyarakat melalui program-program dan prestasi yang telah diraih,” sambung beliau sekaligus sebagai Narasumber untuk memotivasi seluruh Peserta.

ZoE dibentuk atas inisiatif Kepala Sekolah yang didukung oleh beberapa Guru yang telah menyelesaikan beberapa tahapan di PMM, yaitu Bapak Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd (Ketua), Bapak Andhika Wildan Krisnamurti, S.Pd (Sekretaris), dan Ibu Anis Indri Hastuti, S.Pd (Anggota). Tujuan dari komunitas belajar ini adalah memfasilitasi pengembangan diri PTK melalui berbagai kegiatan berbagi praktik baik sebagai bagian dalam program kurikulum merdeka.

“Esensi dari kurikulum merdeka adalah menciptakan ruang bagi setiap Guru dan Peserta Didik untuk berkembang sesuai keunikan karakteristik dan potensi masing-masing. Dan salah satu esensi tersebut adalah literasi dan numerasi, yang sangat penting untuk dikembangkan oleh Guru sebagai pribadi pembelajar”, ulas Bapak Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd., melanjutkan sebagai Narasumber. Salah satu kegiatan literasi yang mudah dilakukan oleh Guru adalah membuat artikel ilmiah berdasarkan mata pelajaran yang diampu oleh masing-masing Guru.

Narasumber menjelaskan lebih lanjut bahwa atikel ilmiah merupakan potret kegiatan dan pengalaman proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh Guru, yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Banyak manfaat yang diperoleh Guru ketika membuat artikel ilmiah, diantaranya adalah: (1) dapat melakukan evaluasi setiap proses pembelajaran, (2) mengembangkan strategi pembelajaran yang berkelanjutan meskipun dengan materi yang sama dari tahun ke tahun, (3) memberikan inspirasi dan ide-ide baru kepada Guru lain untuk membuat artikel maupun melaksanakan pembelajaran yang efektif, bermakna, dan menyenangkan.

Dalam kesempatan tersebut, Narasumber juga mengajak Peserta Webinar untuk berlatih membuat artikel ilmiah dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI), salah satunya dengan menggunakan ChatGPT. Antusiasme Peserta Webinar sangat tinggi melalui tanya jawab yang disampaikan oleh beberapa Peserta, yang juga mendapatkan pengalaman baru dan inspirasi dalam pembuatan artikel ilmiah yang sangat mudah, karena tema dan topik artikel dari mata pelajaran yang diampu sendiri oleh Peserta. Sebagai bentuk apresiasi kepada Peserta Webinar, Kepala Sekolah membagikan dua buah buku hasil karya literasi kepada Peserta yang terpilih.

Tidak berhenti pada satu kegiatan Webinar, ZoE juga akan melaksanakan Webinar berikutnya dengan materi yang dapat mengembangkan kompetensi Guru, dengan bermitra bersama lembaga lain yang juga memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan.


Previous
Next Post »

Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon