Selamat Hari Guru


“The mediocre teacher tells. The good teacher explains. The superior teacher demonstrates. The great teacher inspires.” – William Arthur Ward.

Saya membuka tulisan dengan kalimat itu sebagai penyemangat teman-teman guru yang untuk terus belajar untuk menjadi Guru Pembelajar. Sebetulnya tidak hanya pembelajar tetapi menurut saya harus lebih luas dari itu yaitu Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership). Kepemimpinan guru pada dasarnya merupakan proses untuk mempengaruhi orang lain yang didalamnya berisi serangkaian tindakan atau perilaku tertentu terhadap invididu yang dipengaruhinya. Kepemimpinan guru tidak hanya sebatas pada peran guru dalam konteks kelas pada saat berinteraksi dengan siswanya tetapi menjangkau pula peran guru dalam berinteraksi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat, dengan tetap mengacu pada tujuan akhir yang sama yaitu terjadinya peningkatan proses dan hasil pembelajaran siswa.
Kepemimpinan guru memfokuskan pada 3 dimensi pengembangan, yaitu: (1) pengembangan individu; dimana guru melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan di kelas sehingga siswa termotivasi dalam belajar, guru menciptakan taman-taman belajar sehingga siswa nyaman belajar, (2) pengembangan tim; ilmu yang dikuasai guru harus dibagikan ke teman-teman guru yang lain berupa pelatihan baik offline maupun online seperti pelatihan media pembelajaran, pembuatan soal online, pembuatan RPP, sehingga rekan sejawat mampu mengembangkan kompetensinya. Diseminasi ini penting karena tidak semua guru mendapatkan pelatihan yang intensif maka mulai sekarang buatlah kesepakatan dalam diri bahwa setiap guru mengikuti pelatihan maka dia akan menjadi tutor bagi yang lain dan (3) pengembangan organisasi. selain sebagai pendidik, guru juga sebagai warga sekolah yang memiliki andil untuk memajukan sekolah. Kejarlah prestasi diri dan prestasi siswa untuk meraih nama baik sekolah.
Akhirnya saya menutup tulisan ini dengan tema guru tahun ini yaitu Guru Mulia karena Karya. Mari mulai sekarang tunjukkan ide-ide kreatif kita, bagikan kepada yang lain. Selamat Hari Guru, semoga bapak dan ibu menjadi guru yang menginspirasi siswanya.
Previous
Next Post »

Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon