KBM Hebat dimulai dari Perencanaan Hebat


Guru adalah aktor utama keberhasilan proses pembelajaran. Bapak dan ibu guru, ibarat seorang Chef jago masak yang membuat racikan bahan, bumbu dan pernak-pernik masakan lain menjadi hidangan yang lezat untuk dinikmati. Di tangan bapak dan ibu guru, masa depan siswa dipertaruhkan. Keberhasilan pembelajaran di kelas sangat ditentukan oleh kelihaian guru meracik strategi yang tepat. Strategi itu tidak hanya pada proses pembelajaran saja tetapi juga tidak kalah penting persiapan. Ada dua minggu waktu kita untuk melakukan perencanaan pembelajaran yang efektif agar KBM berjalan dalam rel yang kita inginkan. Demikian besar peran guru maka seyogyanya jika kita perlu mempersiapkan dengan baik. Ada tiga tugas besar guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar yaitu ;
  1. Persiapan
  2. Pelaksanaan
  3. Penilaian
Persiapan adalah tahap awal guru dalam melaksanakan kewajibannya mencerdaskan anak bangsa. Kadang tahap ini sering dilewatkan oleh kita. Banyak dari kita langsung to the point menuju pelaksanaan pembelajaran. Padahal persiapan yang baik akan menghasilkan akhir yang baik. Apa saja yang harus dipersiapkan oleh bapak dan ibu guru? Daftar yang harus dikerjakan dalam proses persiapan antara lain :
  1. Pemetaan KI dan KD
  2. Penyusunan silabus
  3. Validasi silabus
  4. Perhitungan minggu efektif
  5. Penentuan indikator kinerja
  6. Penentuan model, pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran
  7. Penyusunan materi 
  8. Penyusunan RPP
  9. Validasi RPP
  10. Penyusunan Kisi-kisi soal
  11. Penyusunan soal evaluasi
  12. Penyusunan rubrik penilaian
  13. Penyusunan buku nilai
  14. Penyusunan modul
  15. Penyusunan media pembelajaran
  16. Pembuatan kelas online
Sesuai dengan permintaan dari teman-teman, kali ini saya akan berbagi form validasi silabus. Silahkan klik disini untuk mendownload.
Previous
Next Post »

Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon