Pelatihan Android Based Test (ABT) Tanpa Kuota Internet Angkatan Kedua




Heni Widiastuti, guru SMA Pangudi Luhur Don Bosco Semarang ikuti Pelatihan Android Based Test Tanpa Kuota Internet untuk persiapan Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) selayaknya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Tuntang pada Senin (28/10/2019) siang.
Selain menyamakan ujian sekolah seperti ujian nasional, nantinya ia bisa membuat ujian bebas kertas. "Kami bisa menyiapkan PAS dan PAT di sekolah kami masing-masing layaknya UNBK. Paperless, hemat biaya, hemat tenaga.
Bersiap menyongsong era digital," ujarnya.
Ia pun berharap melalui pelatihan ini dapat memberi kontrobusi pasa bangsa berupa mencerdaskan generasi bangsa yang tangguh membangun Indonesia emas.
Sementara itu Kepala SMK Negeri 1 Tuntang Ardan Sirodjuddin menyatakan pelatihan yang diikuti 40 guru berbagai tingkat pendidikan di Jawa Tengah tersebut melatih sekolah-sekolah yang ingin migrasi ulangan dari manual ke digital dalam bentuk offline. “Nantinya ulangan ini tidak memerlukan kuota internet sehingga bisa lebih murah dan stabil koneksinya, ujar Kepala Sekolah.
Pelatihan dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMK Negeri 1 Tuntang, Jalan Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang. "Sebanyak 40 guru dari berbagai jenjang mengikuti pelatihan ini. Mereka datang dari segenap penjuru Jawa Tengah," ujarnya.
Ardan berharap dengan pelatihan ini peserta memiliki prototipe ulangan menggunakan handphone tanpa kuota internet. Ia pun menambahkan tanpa penggunaan kuota internet membuat siswa tak dapat berbuat curang saat mengerjakan tes.
Adapun narasumber dalam pelatihan ini ialah Bayu Aji Saputra dan Muhammad Ahmadi yakni tim Informatika dan Teknologi (IT) SMK Negeri 1 Tuntang. Bayu menuturkan, pelatihan ini diadakan karena tingginya permintaan dari sekolah-sekolah untuk melaksanakan tes tanpa kertas. "Sekolah mulai menyadari bahwa ujian menggunakan kertas tidak lagi efisien.
Selain mengeluarkan biaya besar, guru juga harus membuat soal dan mengoreksi serta memberi nilai yang membutuhkan proses panjang," ungkapnya.
Bayu menambahkan, dengan mengalihkan ujian kertas yang konvensional nantinya dapat mengefisiensikan tugas guru dan membuat meminimalkan biaya sekolah.
Guna memenuhi banyaknya permintaan dari sekolah-sekolah, Kami akan membuka Pelatihan ABT Tanpa Kuota Internet Angkatan Kedua pada :
Hari/tanggal : Sabtu, 14 Desember 2019
Waktu : pukul 08.00 s.d. selesai
Tempat ; Lab Kom SMKN 1 Tuntang
Bagi Bapak dan Ibu yang berminat silahkan kirim biaya pelatihan sebesar Rp. 155.000 ke rekening ;
BNI Cabang UNDIP
No. rekening 0551123060
A.n. Ardan Sirojuddin
Jika sudah mengirim, mohon difoto bukti pengiriman dan di kirim ke WA saya di nomer 081390220602.
Fasilitas :
1. Software
2. Makan siang
3. Snack
4. Materi
Kuota peserta terbatas.
Previous
Next Post »

Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon