Belajar Untuk Jadi Yang Terbaik

 


Usai sudah gelaran Lomba guru berprestasi jenjang SD Kota Semarang. Kegiatan yang sangat melelahkan karena saya harus mengoreksi jawaban tes tertulis, membaca naskah best practice, mengajukan pertanyaan ketika sesi paparan dan wawancara. 

Tetapi kegiatan ini sangat menyenangkan sehingga lelah itu hilang ketika melihat paparan best practice dua puluh lima peserta. Guru-guru hebat dengan ide yang luar biasa. 

Hebatnya lagi ide dan kreatifitas itu memberi solusi pada permasalahan pendidikan di kelas-kelas. Maka dalam hati saya akan senang jika keinginan saya  terwujud. Apa itu? Untuk menghebatkan sekolah yang saya pimpin, cara paling manjur adalah memindahkan mereka untuk mengajar di tempat saya. Tapi ini mimpi di siang bolong. Karena saya yakin mereka adalah aset sekolah yang wajib hukumnya dipertahankan. 

Dari sisi ide mereka luar biasa, Tetapi catatan saya para peserta belum mahir untuk menuangkan ide ke dalam dokumen tertulis. Maka kalau boleh saya menyarankan terus belajar untuk menyempurnakan  karya best practice. 

Di luar para peserta lomba, sebagai seorang guru, memiliki best practice atau praktik terbaik sangat penting untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran di kelas. 

Dalam upaya untuk membantu guru dan kepala sekolah menyusun best practice, saya akan membuka pelatihan penyusunan best practice. Kegiatan pelatihan ini akan saya laksanakan setelah lebaran. Kegiatan pelatihan ini sekaligus launching buku hasil best practice saya dalam membangun Sekolah yaitu Membangun Sekolah Rintisan Menjadi Sekolah Rujukan. 

Sebuah pengalaman terbaik saya dalam empat tahun membangun sekolah rintisan dengan tantangan luar biasa menjadi sekolah rujukan tempat studi tiru berbagai sekolah dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bahkan beberapa sekolah dari Kalimantan, Papua dan NTT berkunjung ke sekolah untuk belajar. 

Selamat kepada Bapak dan Ibu Guru yang juara, tetap semangat kepada yang belum jadi juara. Masih ada kesempatan tahun depan karena lomba guru dan KS Berprestasi Kota Semarang dilaksanakan tiap tahun. 

Catatan saya karya hebat diperoleh dari proses yang panjang. Maka terus belajar untuk update kompetensi dalam menyusun best practice. 

Hotel Candi Indah, 16 Maret 2023


Previous
Next Post »

Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon