Berbagi Kebahagiaan Lewat Program Kawal Kuliah

 


Toni Hsieh adalah seorang pengusaha sukses yang terkenal dengan konsepnya "Delivering Happiness". Konsep ini diaplikasikan dalam perusahaannya, Zappos, yang bergerak dalam bisnis e-commerce sepatu dan fashion. Menurut Hsieh, untuk mencapai keberhasilan dan kebahagiaan dalam menjalankan perusahaan, terdapat tiga jenis kebahagiaan yang harus dikejar, yaitu Rock Star, Flow, dan Higher Purpose.

Seorang "rock star" dalam konteks bisnis adalah seseorang yang berbakat, berdedikasi, dan sangat kompeten dalam bidang tertentu. Rock star juga harus memiliki semangat yang kuat untuk terus belajar dan berkembang, serta mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan tantangan dalam lingkungan bisnis yang cepat berubah.

Dalam konteks budaya perusahaan, Toni Hsieh percaya bahwa setiap orang di perusahaan harus dianggap sebagai rock star, dan harus diberi kesempatan untuk mengekspresikan bakat dan kreativitas mereka secara bebas. Dia juga percaya bahwa budaya perusahaan yang kuat dan positif adalah kunci keberhasilan jangka panjang, dan bahwa menghargai dan memberdayakan setiap anggota tim adalah kunci untuk menciptakan lingkungan kerja yang sukses dan memuaskan.

Menurut Hsieh, "Flow" adalah kondisi di mana seseorang merasa sepenuhnya terlibat dalam pekerjaan yang sedang dilakukan, merasa terfokus dan mempunyai rasa kepuasan yang tinggi dalam menjalankan tugasnya.

Konsep "Flow" sendiri telah diperkenalkan oleh psikolog Mihaly Csikszentmihalyi dan mengacu pada kondisi di mana seseorang merasa terlibat sepenuhnya dan berada dalam keadaan konsentrasi penuh dalam melakukan tugas yang menantang namun masih terjangkau kemampuannya.

Hsieh mengadopsi konsep ini sebagai bagian dari budaya perusahaan Zappos dengan harapan dapat menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan karyawan untuk mencapai keadaan "Flow" secara konsisten dan memaksimalkan potensi kreatif dan produktivitas mereka.Yang terakhir,

Higher purpose atau tujuan yang lebih tinggi adalah konsep yang diperkenalkan oleh Toni Hsieh. Menurut Hsieh, higher purpose adalah sebuah tujuan yang lebih besar dari sekedar mencari keuntungan finansial semata, yaitu tujuan yang lebih dalam dan bermakna yang dapat memberikan arti dan inspirasi bagi karyawan dalam bekerja.

Hsieh percaya bahwa higher purpose adalah kunci untuk membangun budaya perusahaan yang kuat dan berkelanjutan, karena karyawan yang merasa terhubung dengan tujuan yang lebih tinggi cenderung lebih bersemangat dan termotivasi dalam bekerja. Oleh karena itu, Zappos berusaha untuk menciptakan higher purpose yang jelas dan terintegrasi dengan nilai-nilai inti perusahaan, seperti kepuasan pelanggan, kebebasan kreatif, dan komitmen terhadap pengembangan masyarakat.

Dalam prakteknya, higher purpose dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti misi perusahaan yang jelas, nilai-nilai inti yang ditekankan, dukungan terhadap inisiatif sosial dan lingkungan, atau pengembangan karyawan dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan memprioritaskan higher purpose, perusahaan dapat menciptakan budaya yang lebih positif dan memotivasi karyawan untuk bekerja secara produktif dan berkelanjutan.

Program Kawal Kuliah SMKN 10 Semarang dapat dianggap sebagai representasi dari konsep "Delivering Happiness" yang diperkenalkan oleh Toni Hsieh, mantan CEO Zappos. Konsep ini mengacu pada cara perusahaan menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa dengan memprioritaskan kebahagiaan karyawan dan membangun budaya perusahaan yang positif.

Dalam hal ini, Program Kawal Kuliah SMKN 10 Semarang bertujuan untuk membantu siswa SMKN 10 Semarang dalam mencapai impian mereka untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Melalui program ini, siswa SMKN 10 Semarang dikawal oleh Tim yang terdiri dari Kurikulum, Bimbingan Konseling, Ketua Jurusan, Wali Kelas dan Orang tua menjalani pentahapan masuk perguruan tinggi negeri baik melalui Seleksi Nasional Berbasis Prestasi, UTBK maupun jalur mandiri.

Program Kawal Kuliah SMKN 10 Semarang memprioritaskan kebahagiaan siswa dan menciptakan pengalaman yang luar biasa dengan memberikan dukungan dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk mencapai impian mereka. Selain itu, program ini juga melibatkan stake holder SMKN 10 Semarang dan orang tua siswa dalam membantu siswa, menciptakan rasa kebersamaan dan komitmen untuk memberikan dampak positif bagi anak-anak.

Maka Program Kawal Kuliah SMKN 10 Semarang dapat dianggap sebagai representasi dari konsep "Delivering Happiness" karena memprioritaskan kebahagiaan siswa dan menciptakan pengalaman yang luar biasa melalui pembangunan budaya yang positif. 

Selamat menikmati kebahagiaan bagi anak-anak yang lolos Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Tidak perlu patah semangat bagi anak-anak yang belum lolos. Mari bersama Tim Kawal Kuliah SMKN 10 Semarang mempersiapkan diri menghadapi Seleksi Nasional Berbasis Test (SNBT). Segera mendaftar melalui wali kelas masing-masing.

Penulis : Ardan Sirodjuddin, Kepala SMKN 10 Semarang dan Penulis Buku Membangun Sekolah Rintisan Menjadi Sekolah Rujukan.

Pusat Pelatihan Guru akan mengadakan Pelatihan Penulisan Best Practice secara offline dan online pada hari Sabtu, 06 Mei 2023. Peserta akan mendapatkan bonus Buku Membangun Sekolah Rintisan Menjadi Sekolah Rujukan.




Previous
Next Post »

Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon