SEMARANG – Memasuki Tahun Pelajaran 2024/2025, SMKN 10 Semarang sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) terus berbenah dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Menjadi komitmen seluruh warga sekolah untuk mengembangkan kompetensi, menumbuhkan budaya prestasi, serta membangun kemitraan, dalam rangka menuju visi sekolah.
Bidang Hubungan Masyarakat dan Hubungan Industri (Humas dan Hubin), pun turut berperan dalam pengembangan dan kemajuan sekolah. Dalam hal ini, Bidang Humas dan Hubin berkolaborasi dengan Ketua Konsentrasi Keahlian (KKK) dan Ur DUDI Jurusan, dalam menyiapkan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa yang memberikan kesempatan dan pengalaman kepada Siswa untuk belajar langsung di dunia usaha, industri, dan kerja (DUDIKA).
Kamis, 18 Juli 2024, Waka. Bidang Humas dan Hubin, Bapak Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd., memfasilitasi pertemuan bersama KKK dan Ur. Dudi Jurusan dalam kegiatan sosialisasi dan diskusi PKL Siswa. Dengan latar belakang evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk semakin meningkatkan kualitas serta membenahi program PKL yang telah terlaksana.
Program PKL Siswa dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu: Tahap Pra PKL (Observation), Tahap PKL Pemula (Novice), dan Tahap PKL Lanjut (Advance). Masing-masing tahapan memiliki tujuan, proses, dan persiapan yang perlu dilaksanakan bersama-sama antara Bidang Humas dan Hubin dengan Konsentrasi Keahlian. Pertama, Tahap Pra PKL merupakan tahap pengenalan bagi Siswa untuk mempelajari, memahami, serta menemukan karakteristik DUDIKA melalui proses observasi dan wawancara bersama pihak DUDIKA. Kedua, Siswa akan melaksanakan Tahap PKL Pemula setelah mendapatkan banyak informasi mengenai budaya kerja, teknik pekerjaan dan peralatan, manajemen organisasi, maupun tata letak DUDIKA. Ketiga, dalam proses pembelajaran di industri pada Tahap PKL Lanjut, Siswa akan semakin memperdalam kompetensi ilmu pengetahuan, keterampilan, dan afeksinya.
Program PKL di SMKN 10 Semarang telah melaksanakan Tahap Pemula dan Tahap Lanjut dengan baik. Dan, untuk meningkatkan kualitas PKL Siswa, maka ditambahkan Tahap Pra PKL yang diaksanakan pada Siswa Kelas X, semester 2. Pra PKL dilaksanakan dengan metode observasi, yang bertujuan untuk: Pertama, Kolaborasi metode pembelajaran Siswa di sekolah dan di DUDIKA; Kedua, Memperkenalkan lingkungan dunia kerja kepada Siswa sejak dini, agar memiliki kesiapan mental dan perilaku budaya kerja, sebelum memasuki Tahap PKL Pemula; Ketiga, Pemetaan kompetensi Siswa, sehingga penempatan PKL pada Tahap PKL Pemula sudah tepat sesuai potensi Siswa; Keempat, Pemetaan bagi jurusan untuk melihat peluang kemitraan yang lebih luas, misal: Guru tamu, rekrutmen lulusan, dll, secara berkelanjutan; Kelima, Mengembangkan kompetensi literasi dan numerasi pada Siswa, sehingga meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.
“Dengan kegiatan Pra PKL ini, diharapkan memberi kesempatan kepada Siswa yang baru masuk di SMKN 10 Semarang untuk dapat mengenal lebih dalam mengenai konsentrasi keahlian yang dipilih serta DUDIKA yang kelak akan mereka tuju untuk bekerja maupun wirausaha setelah lulus. Sehingga, Siswa akan memotivasi dirinya lebih lagi untuk mencapai kompetensi yang unggul dan meraih prestasi”, jelas Bapak Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd.
Sign up here with your email
Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon