Blog Sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja


Tugas utama guru adalah mengajar. Sementara kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas tambahan. Oleh karena itu walau saya jadi kepala sekolah mengajar tetap dilaksanakan. Rutinitas kerja kepala sekolah yang berat mendapatkan hiburan tersendiri ketiga berinteraksi dengan anak-anak. Semangat merintis masa depan anak menjadikan romantika kehidupan saya sebagai pelayan pendidikan.

Tahun pelajaran 2022/2023 saya diberi tugas untuk mengajar informatika. Sebuah tantangan tersendiri karena saya harus belajar lagi dan belajar lagi. Tapi disitulah tantangannya dimana saya akan menjadi pembelajar sepanjang hayat.  Karena Kelas X sudah menggunakan Kurikulum Merdeka, maka saya belajar menerapkan kurikulum ini. 
Salah satu yang menonjol dari kurikulum ini adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK). Keenam dimensi P5BK tersebut adalah : 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, 2) Berkebhinekaan Global, 3) Bergotong royong, 4) Mandiri, 5) Bernalar kritis, 6) Kreatif.

Pada implementasinya, P5BK menjadi mata pelajaran yang diterapkan pada kurikulum merdeka. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk budi pekerti karakter siswa SMK dan akhlak mulia, serta menanamkan budaya kerja melalui enam ciri utama profil pelajar Pancasila. P5BK yang saya terapkan di mata pelajaran Informatika Kelas X RPL 1 adalah Pembuatan Blog Sebagai Sarana Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja. Materi pembuatan blog saya ambil dari berbagai sumber antara lain :
  1. Cara Membuat Blog disini
  2. Cara Membuat Postingan Blog disini
  3. Cara Merapikan Postingan Blog disini
  4. Cara Menambahkan Link di Postingan Blog disini
  5. Cara Menambahkan Foto dan Gambar Blog disini
  6. Cara Menambahkan Video Blog disini
  7. Cara Menambahkan Kode HTML dan Google Maps di Postingan Blog disini 
  8. Cara Menambahkan Label / Tags dan Setting di Postingan Blog disini
  9. Cara Menambah Komentar dan Manajemen Komentar Blog disini
  10. Cara Menambahkan Halaman Blog disini
  11. Cara Mengubah Favicon dan Header Blog disini 
  12. Cara Memasang Gadget dan Tata Letak di Blog disini 
  13. Cara Mengubah Template Tema Blog disini

Previous
Next Post »

Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon