Program Digital Talent Scholarship Pada Rakor Evaluasi Program Bidang KPTK

 


Pada hari kedua Rakor Evaluasi Bidang KPTK yang berlangsung pada Jumat, 15 Desember 2023, peserta rakor disajikan dengan materi yang sangat informatif dari narasumber, Ir.Hedi M.Idris, M.Sc, Ph.D., yang merupakan Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kemkominfo.

Tema utama yang diajukan dalam rakor kali ini adalah "Kebijakan Pengembangan SDM Bidang TIK melalui Program Digital Talent Scholarship". Dalam penyampaiannya, Ir.Hedi M.Idris menjelaskan lima arah yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo dalam peta jalan Indonesia Digital 2021-2024.

Pertama, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya mempercepat perluasan akses, peningkatan infrastruktur digital, dan penyediaan layanan internet di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat dapat merasakan manfaat positif dari kemajuan teknologi digital.

Kedua, dalam roadmap transformasi digital, Presiden menekankan pentingnya persiapan di sektor-sektor strategis. Transformasi digital di sektor-sektor tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing Indonesia dalam ranah teknologi informasi dan komunikasi.

Ketiga, Presiden menekankan perluasan integrasi Pusat Data Nasional untuk memastikan efisiensi dan keamanan dalam pengelolaan data di tingkat nasional. Ini merupakan langkah strategis dalam mendukung transformasi digital secara menyeluruh.

Keempat, Presiden menyoroti kebutuhan akan talenta digital yang handal. Persiapan talenta digital menjadi prioritas untuk memenuhi tuntutan pasar kerja yang semakin terhubung dengan teknologi.

Terakhir, dalam lima arah tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan perlunya penyusunan regulasi yang mendukung transformasi digital, serta skema-skema pendanaan dan pembiayaan yang memadai. Hal ini dianggap sebagai fondasi penting untuk memastikan kelancaran pelaksanaan program-program digital di masa mendatang.

Dalam rangka mendukung transformasi digital nasional, narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan empat sektor strategis yang menjadi fokus utama, yaitu infrastruktur digital, pemerintah digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

Menyadari pentingnya persiapan sumber daya manusia (SDM) yang handal di era digital, Kominfo telah melaksanakan Program Digital Talent Scholarship (DTS) sebagai bagian dari upaya Pengembangan SDM Digital. Program ini menawarkan pelatihan dan sertifikasi di berbagai bidang digital secara gratis, terbuka untuk berbagai lapisan masyarakat, mulai dari lulusan SMK, D1, D2, D3, D4, S1, S2, hingga S3, termasuk professional, karyawan swasta, pegawai negeri (ASN, TNI, POLRI), guru, dosen, dan freelancer.

Program Digital Talent Scholarship (DTS) memiliki beberapa tujuan utama yang diincar. Pertama, DTS bertujuan untuk membekali pesertanya dengan keterampilan baru di berbagai aspek digital melalui program "New Skills di Bidang Digital". Kedua, DTS juga fokus pada "Upskill/Meningkatkan Keterampilan di Bidang Digital" dengan memberikan pelatihan yang intensif untuk memperkuat dan meningkatkan kemampuan peserta di berbagai bidang digital. Selain itu, program ini berkomitmen untuk mendukung "Alih Kompetensi ke Bidang Digital," memberikan peluang bagi peserta untuk beralih ke sektor digital dengan dukungan pelatihan yang tepat.

Pelatihan yang diselenggarakan dalam Digital Talent Scholarship mencakup beragam topik penting dalam dunia digital. Mulai dari Artificial Intelligence and Machine Learning, Big Data, Cloud Computing, hingga Cyber Security, DTS memberikan wawasan mendalam tentang teknologi terkini. Selain itu, pelatihan juga mencakup aspek-aspek seperti Digital Forensic, Data Analytic, Data Engineer, Data Science, dan Data Visualization. Bidang networking, pengembangan web dan mobile, teknologi 5G, desain UI/UX, desain grafis, pengeditan video, pengembangan game, animasi, copywriting, hingga pengembangan metaverse dan pemasaran digital juga menjadi fokus pelatihan dalam program ini.

Dengan menghadirkan beragam topik ini, DTS bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkompeten dan siap bersaing dalam era digital yang terus berkembang. Dengan melibatkan beragam topik ini, DTS diharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap bersaing dalam era digital, mempercepat perkembangan sektor teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.


Previous
Next Post »

Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon