Aktifitas Pembelajaran Moda Daring

Gambar. Intruktur Nasional Guru Pembelajar SMK Angkatan 2

Berat juga rasanya jadi Instruktur Nasional karena lamanya pelatihan. Biasanya pelatihan yang aku jalani paling lama 7 hari sewaktu di P4TK BOE Malang tapi kali ini 10 hari dan mendekati lebaran. Jadi momennya udah terasa suasana mau lebaran. Tapi karena tugas negara dan punya kewajiban mulia membantu teman-teman guru belajar, bulatkan semangat dan tekad untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya di P4TK TK dan PLB Bandung. Di tengah-tengah mengerjakan tugas kusempatkan menulis untuk berbagi informasi buat teman-teman guru. Kata Pak Kyai, berbagi ilmu khan termasuk ibadah di Bulan Ramadhan. Kali ini saya masih menulis tentang Moda Daring karena Moda ini cukup rumit dan hal yang baru bagi bapak dan ibu guru. Lebih teknis lagi saya akan membahas struktur program Guru Pembelajar moda daring seperti terlihat pada gambar berikut.

Pembelajaran pada Guru Pembelajar moda daring menggunakan modul yang dikembangkan dan direkonstruksi dengan mengikuti model pola 60 jam pelajaran (JP) selama 6 (enam) minggu dengan struktur seperti gambar berikut.

Melihat gambar di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:
Sesi Pendahuluan 
Sesi pendahuluan berisi tentang: 
  • Pengenalan dan demonstrasi sistem (hanya pada Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi di Pusat Belajar) 
  • Kebijakan pengembangan dan pembinaan profesi guru dan guru pembelajar 
  • Penjelasan umum kegiatan Guru Pembelajar moda daring 
  • Saran dan cara penggunaan modul
  • Alur Pembelajaran 

Sesi Pembelajaran 
Sesi pembelajaran memuat materi yang harus dikuasai sesuai dengan tuntutan hasil belajar yang dibuktikan dengan tagihan. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada tiap sesi adalah: 
  • Pengantar Sesi yang memuat tujuan pembelajaran, aktivitas belajar, dan alur kegiatan belajar 
  • Aktivitas belajar mencakup serangkaian kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang harus diselesaikan sesuai dengan hasil belajar yang telah ditetapkan. Aktivitas pembelajaran Guru Pembelajar moda daring terdiri atas: (1) mengerjakan kegiatan secara daring dan luring, (2) diskusi sesama peserta, dan (3) menyelesaikan tugas dan tagihan 
  • Forum Sesi 
    Kegiatan di dalam suatu komunitas pembelajar (community of learners) untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan memecahkan masalah sehingga peserta memperoleh pengetahuan baru melalui pendekatan kunstruktivisme sosial (social constructivism). 
  • Refleksi 
    Peserta melakukan refleksi pada tiap akhir sesi dan dituangkan dalam blog. Refleksi mencakup pemikiran hal-hal yang baru didapatkan dalam proses belajar, faktor-faktor pendukung atau penghambat (baik internal maupun eksternal) dalam proses belajar, langkah apa yang harus diambil untuk mengantisipasi masalah, dan rencana aksi tindak lanjut pembelajaran.
  • Mengunggah Tugas dan Tagihan 
    Peserta mengunggah tugas dan tagihan sebagai bukti belajar untuk mendapatkan umpan balik dan penilaian dari mentor atau pengampu. 
  • Reaksi Peserta 
    Setiap akhir pembelajaran pada sesi genap, peserta diminta mengungkapkan reaksi mereka yang mencerminkan tingkat kepuasan terhadap proses pembelajaran yang diikuti. 
  • Penilaian Diri 
    Peserta diminta untuk melakukan penilaian diri secara professional terhadap setiap hasil kegiatan yang ditagihkan sesuai dengan rubrik yang disediakan. Hasil penilaian diri menjadi salah satu komponen penilaian pada nilai akhir. 
  • Tes Sumatif Sesi 
    Pada setiap akhir sesi, peserta akan mengerjakan soal tes sumatif. Hasil tes sumatif menjadi salah satu komponen penilaian pada nilai akhir. 

Sesi Penutup 
Sesi penutup adalah sesi terkahir dalam proses pembelajaran Guru Pembelajar moda daring dimana peserta akan melakukan beberapa aktivitas didalamnya, seperti: 
  • Kesimpulan dan umpan balik 
    Peserta mengisi format yang disediakan secara daring sebagai bentuk refleksi terhadap seluruh pembelajaran yang telah dilakukan. 
  • Evaluasi Penyelenggaraan Guru Pembelajar Moda Daring 
    Peserta mengisi format evaluasi penyelenggaraan peningkatan kompetensi Guru Pembelajar moda daring. Data evaluasi dari peserta akan digunakan oleh UPT untuk perbaikan peningkatan kompetensi Guru Pembelajar moda daring berikutnya. 
  • Tes Akhir 
    Pada akhir pembelajaran (sesi penutup), peserta mengerjakan soal tes akhir atau psot test yang menggunakan sistem UKG seperti yang telah dilakukan oleh peserta pada tahun 2015, waktu test akhir ini akan ditentukan setelah peningkatan kompetensi Guru Pembelajar selesai dan dilaksanakan di TUK yang telah ditentukan atau dipilih yang terdekat dengan peserta Guru Pembelajar. Hasil tes akhir merupakan salah satu komponen penilaian pada nilai akhir pada sertifikat kelompok kompetensi yang diikuti.
Cara paling mudah untuk sukses dalam mengikuti Moda Daring adalah memahami aturan main yang ada seperti yang saya jelaskan di atas. Harapan saya semoga teman-teman guru bisa memahami dan mengikuti Moda Daring ini dengan mudah dan sukses.


Previous
Next Post »

Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon