Peran Pelaksana Guru Pembelajar

Gambar. Pelatihan IN Guru Pembelajar dipandu Narasumber

Hari ini hari kelima saya masih berkutat dengan tugas dari narasumber dalam pelatihan Calon Instruktur Nasional (IN) Guru Pembelajar. Bersama 31 teman yang hebat dari berbagai daerah di Indonesia saya berlatih memahami materi pedagogik dan profesional dari dua narasumber yaitu Ibu Nia Piliang dari LPMP Jakarta dan Bapak Sitohang dari PPPTK Medan. Mengapa saya katakan mereka orang-orang hebat? Karena mereka guru-guru terpilih dengan nilai UKG yang tinggi (kalau saya nyaris tidak diundang karena urutan nomer 2 dari bawah). Kali ini saya akan berbagi informasi tentang peran dan tanggung jawab setiap unsur yang terlibat. Peran dan tanggung jawab setiap unsur yang terlibat selama proses pelaksanaan pembelajaran Guru Pembelajar moda daring dapat dijelaskan sebagai berikut. 
Peran Pengampu pada Guru Pembelajar moda daring – Model 1 
  1. Berkomunikasi dengan peserta secara daring untuk memonitor pelaksanaan pembelajaran 
  2. Memfasilitasi proses belajar selama pembelajaran daring berlangsung 
  3. Mendampingi dan memberi semangat kepada peserta dalam proses pembimbingan pembelajaran 
  4. Memberi umpan balik terhadap tugas yang diunggah peserta 
  5. Mengevaluasi kegiatan para peserta dalam pembelajaran 
  6. Memeriksa rekaman kegiatan secara daring (log activity) peserta, dan 
  7. Memberikan umpan balik terhadap laporan kemajuan peserta. 

Peran Pengampu pada Guru Pembelajar moda daring – Model 2 dan Moda daring Kombinasi 
Peran tersebut secara rinci adalah sebagai berikut. 
Peran pengampu terhadap Mentor 
  1. Berkomunikasi dengan mentor secara daring untuk memonitor pelaksanaan pembelajaran Guru Pembelajar moda daring 
  2. Memfasilitasi proses belajar selama pembelajaran daring berlangsung 
  3. Mendampingi dan memberi semangat kepada mentor dalam proses pembimbingan pembelajaran Guru Pembelajar moda daring 
  4. Memeriksa rekaman kegiatan mentor, dan 
  5. Memberikan umpan balik terhadap laporan kemajuan mentor. 

Peran pengampu terhadap peserta 
  1. Memonitor keaktifan peserta dalam pembelajaran daring 
  2. Memfasilitasi proses belajar selama pembelajaran daring berlangsung 
  3. Menganalisis hasil rekaman kegiatan dan hasil penilaian peserta sebagai bahan laporan bagi UPT. 

Peran Mentor 
Tugas utama mentor adalah melakukan pendampingan kepada peserta di dalam pelaksanaan peningkatan kompetensi Guru Pembelajar moda daring. Peran mentor terhadap peserta dapat dijelaskan sebagai berikut. 
Peran mentor pada Guru Pembelajar moda daring – Model 2 
  1. Mendukung peserta mengikuti kegiatan Guru Pembelajar moda daring 
  2. Mendampingi dan memfasilitasi peserta dalam mengikuti pembelajaran Guru Pembelajar moda daring 
  3. Memberikan semangat dan mengingatkan peserta untuk menyelesaikan tugas secara daring 
  4. Memberi umpan balik terhadap tugas yang diunggah peserta 
  5. Memeriksa rekaman kegiatan secara daring (log activity) peserta 
  6. Menyampaikan laporan kemajuan (progress report) peserta kepada pengampu melalui e-portfolio “Laporan Hasil Kemajuan Peserta” 
  7. Menjadi pengawas ujian test akhir di TUK bersama administrator TUK. 

Peran mentor pada Guru Pembelajar moda daring kombinasi 
  1. Mendukung peserta mengikuti kegiatan Guru Pembelajar moda daring 
  2. Mendampingi peserta dalam mengikuti pembelajaran Guru Pembelajar moda daring 
  3. Memfasilitasi peserta secara tatap muka pada pembelajaran Guru Pembelajar moda daring di Pusat Belajar 
  4. Memberikan semangat dan mengingatkan peserta untuk menyelesaikan tugas secara daring maupun luring 
  5. Memberi umpan balik terhadap tugas yang diunggah peserta 
  6. Memeriksa rekaman kegiatan secara daring (log activity) peserta 
  7. Menyampaikan laporan kemajuan (progress report) peserta kepada pengampu. 
  8. Menjadi pengawas ujian test akhir di TUK bersama administrator TUK. 

Peran Peserta Guru Pembelajar moda daring 
Peserta dalam Guru Pembelajar moda daring harus berperan aktif dalam seluruh proses pembelajaran daring, antara lain: 
  1. Melaksanakan proses bembelajaran secara aktif dan berkomitmen tinggi 
  2. Melaksanakan pembelajaran secara kolaboratif 
  3. Berbagi pengalaman kepada peserta lain 
  4. Memberikan umpan balik yang konstruktif 
  5. Mencari jawaban terhadap permasalahan melalui berbagai sumber antara lain melalui internet, buku, dan lain-lain 
  6. Mengungkapkan permasalahan terkait pembelajaran yang dihadapi 
  7. Menyelesaikan tugas sesuai dengan materi pembelajaran 
  8. Mengunggah seluruh tugas ke dalam portofolio elektronik (e-portfolio). 

Peran Admin 
Koordinator admin LMS P4TK: 
  1. Membuat kelas Guru Pembelajar moda daring di dalam sistem Guru Pembelajar 
  2. Bertanggungjawab untuk mengatasi masalah teknis terkait dengan sistem yang digunakan 

Admin kelas: 
  1. Pendistribusian pengampu, mentor, dan peserta di dalam kelas daring 
  2. Membantu pengampu dalam mengumpulkan data yang diperlukan untuk kepentingan monitoring, evaluasi dan pelaporan 
  3. Memberikan bantuan teknis terhadap peserta, mentor, dan pengampu di kelas daring. 

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi teman-teman guru.
Previous
Next Post »

Terimakasih Komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon